Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net
 

e-Commerce






Sekilas Tentang e-Commerce


Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. 

EC didefinisikan dari perspektif:
  • Komunikasi
  • proses bisnis
  • layanan
  • online
  • kolaborasi
  • komunitas 


E-Commerce mencakup seluruh proses online pengembangan, pemasaran penjualan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran untuk produk dan jasa. Sistem e-Commerce mengandalkan sumber dari internet, ekstranet, dan teknologi-teknologi lainnya yang mendukung setiap langkah dari proses transaksi e-Commerce. 

Teknologi e-Commerce dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Electronic markets 
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam suatu segmen pasar dan oleh karenanya menyebabkan: 
· pembeli dapat membandingkan harga 
· pembeli dapat membuat pilihan pembelian 

2. EDI (Electronic data Interchange) 
merupakan sistem standarisasi pengkodean transaksi perdagangan sehingga memungkinkan adanya komunikasi langsung dari sistem komputer ke sistem komputer yang lain antar organisasi. penggunaan EDI meniadakan perlunya penggunaan faktur pemesanan dan tagihan dalam bentuk hardcopy dan menghindari adanya penundaan dan kesalahan dalam penanganan berkas-berkas hardcopy. 

3. Internet Commerce 
penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan pengiklanan dan penjualan produk dan jasa. 

Tipe-tipe e-Commerce:
  • Business to Consumer
  • Business to Business 
  • Consumer to Consumer 
  • Business to Employee 
  • E-Government 
  • Mobile Commerce (M-Commerce) 
Pada proses dengan e-Commerce terjadi efisiensi pada penggunaan fax, pencetakan dokumen, entry ulang dokumen, serta jasa kurir. 

Efisiensi tersebut akan menunjukan pengurangan biaya dan waktu atau kecepatan proses. kualitas transfer data pun lebih baik, karena tidak dilakukan entry ulang yang memungkinkan terjadinya human error. 

Tipe-tipe pangsa pasar e-Commerce 
  • One to many; pangsa pasar di sisi penjualan. suplier utama yang menentukan penawaran katalog produk dan harga. 
  • Many to one; pangsa pasar di sisi pembelian. menarik beberapa suplier menjadi rekanan bisnis untuk melakukan pertukaran penawaran pada bisnis dari pembeli utama. 
  • Some to many; pangsa pasar distribusi. persatuan suplier utama, yang mengkombinsaikan katalog produk mereka untuk menarik audien pembeli yang lebih banyak. 
  • Many to some; pangsa pasar perolehan. persatuan pembeli utama, yang mengkombinasikan katalog pembelian mereka untuk menarik lebih banyak suplier dan kemudian lebih berkompetisi dan harga pun menurun. 
  • Many to many; pangsa pasar pelelangan. digunakan oleh banyak pembeli dan penjual yang bisa menciptakan berbagai pelelangan pembeli atau penjual sehingga harganya optimal dinamis. 


Faktor-Faktor Kesuksesan e-Commerce: 
  • Pemilihan dan Nilai. Pemilihan produk yang menarik, harga yang kompetitif, jaminan kepuasan, dan dukungan terhadap kustomer setelah mereka membeli. 
  • Dayaguna dan Layanan. Cepat, navigasi yang mudah, berbelanja, dan pembelian, dan pengiriman barang dengan segera. 
  • Lihat dan Rasakan (Look and Feel). Web yang menarik, area website untuk berbelanja, halaman katalog produk multimedia, dan fitur-fitur berbelanja. 
  • Iklan dan Insentif. Penargetan iklan halaman web dan promosi lewat email, diskon dan penawaran khusus, termasuk iklan pada situs afiliansi.
  • Perhatian secara Pribadi. Halaman Web pribadi, merekomendasikan produk yang sesuai dengan selera, iklan Web dan pemberitahuan melalui email, dan dukungan interaktif untuk semua kustomer. 
  • Hubungan Komunitas. Komunitas virtual untuk kostomer, suplier, perusahaan representatif dan lainnya via newsgroup, ruang chat, dan link ke situs yang berhubungan.
  • Keamanan dan Dapat Dipercaya. Keamanan informasi kustomer, transaksi melalui website, informasi produk yang terpercaya, dan penyelesain pengiriman yang dapat dipercaya. 


Sistem Pembayaran E-Commerce 

Sistem pembayaran on-line: 

1. pembayaran dua pihak tanpa perantara 
transaksi langsung antara dua pihak tanpa perantara menggunakan uang nasionalnya. 

2. pembayaran dengan perantara pihak ketiga 
proses pembayaran menyangkut debit, kredit maupun check. 
sistem pihak ketiga (3rd party system); pihak ketiga berfungsi sebagai agen antara pedagang/penjual dan konsumen/pembeli. tugasnya memeriksa kartu kredit konsumen (menolak atau menyetujui transaksi) lalu mengeluarkan dana untuk pembayaran kepada pedagang. contohnya paypal. 
sistem sertifikat; melibatkan sertifikat digital sebagai media yang akan menapilkan kartu kreditnya. contohnya SET (secure electrinic transaction), SSL (secure socket layer). 
sistem uang neto (net money); konsumen merubah mata uangnya ke dalam bentuk mata uang cyber. 

Menggolongkan berdasarkan cara pembayaran : 
  • pertama dengan menggunakan sistem pre-paid (tunai) 
  • kedua bisa juga dengan post-paid (kredit) 
jika menggunakan pre-paid, pembeli harus mempunyai dana pada akunnya yang biasa disebut electronic token yang nantinya akan ditransfer kepada penjual pada saat terjadinya transaksi jual-beli. 
contoh dari pre-paid seperti micro-payment dan juga e-cash. 

===============================================

Contoh Penggunaan E-Commerse 

Dalam tugas ini saya akan membahas penggunaan sistem e-commerse pada web jualkom.com
Situs ini menyediakan barang-barang berikut ini : 

COMPANY PROFILE 
Bergerak Di Bidang Grosir Dan Retail Komputer Rakitan, Komputer Merek / Brand / Branded Dan Aksesorisnya Berlokasi di Jakarta, Indonesia. 
Setelah Sukses Dengan Grosir dan Retail Komputer, Kini Kami Merambah Toko Komputer Online / Web. 

Kami Menjual : Komputer Rakitan / Rakitan Komputer, Processor, Mainboard / Motherboard, Memory DDR1, DDR2, DDR3 Dan SODIMM, Memory Card (Micro SD, dll) Hard Disk Internal, Hard Disk External, Optical Drives (DVD ROM, DVD COMBO Dan DVD-RW), Vga Card, Casing, Speaker, Printer, Scanner, TV Tuner, Flash Disk, MP3 Player, MP4 Player, Monitor CRT, LCD, LED, Card Reader External, Card Reader Internal, USB HUB, USB Card PCI, Bluetooth, Web Camera, Screen Filter, LCD Protector, Laptop Skin, Notebook Lock, Cover, Headset, Charger MP3/MP4, Kabel Hard Disk, Cooling Fan 478, Cooling Fan LGA, Modem Internal , Modem External HSDPA HSUPA 3G, Modem ADSL, Cable Modem, Meja Komputer, Notebook & Laptop (10 inch – 14 inch), Kamera, Kartu Perdana / SIM Card Telkomsel / Esia / Mentari / Indosat / XL / Smart / Flexi / Tri (3), Deskbook, Aksesoris Lain-Lain, Jaringan Komputer, Keyboard Dan Mouse Dengan Harga Termurah Dan Kualitas Terjamin. Web Ini Dibuat Untuk Menyediakan Harga Terbaru Bagi Para MASTER DEALER/RESELLER Dan Pedagang Komputer, Perusahaan, Mahasiswa, Pelajar, Pegawai Kantor, Lokal, Rumah Tangga Yang Memerlukan Perkembangan Harga-Harga Komputer Terbaru Dan Terkini. Tersedia Merek-Merek / Brand Antara Lain Acer, Hewlett Packard (HP), Epson, Intel, AMD, Asus, Gigabyte, Ecs, Asrock, Kingston, Sandisk, Deam, Vandisk, Advan, Dlink, TPLink, Digital Alliance (DA), Software Windows dan Office Microsoft, Prolink, ICA, LG, Samsung, WDC (Internal, Passport & Element), Seagate (Internal dan Freeagent GoFlex), Maxtor, Benq, Vgen, Logitech, Crystal, Simbadda, Canon, AC Ryan, Avaris, Apollyon, Sonic Gear, Power Logic, dll. 


Cara Belanja
  • Belanja Via Telepon / Email
1. Kami juga melayani pembelian melalui Via telepon (021) 6013123 – 62307874 – 6123264.

2. Anda juga bisa berbelanja dan menghubungi kami melalui email
karya_citra_computers@hotmail.com. 
  • Kunjungan Langsung
1. Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung dengan mengunjungi outlet kami.

2. Berhubung tidak semua barang ready stock disetiap lokasi, mohon konfirmasi kunjungan Anda ke Sales kami agar bisa menyiapkan barang yang ingin Anda beli. 

Cara Pembayaran
  • Transfer Bank
1. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer bank standard atau dengan ATM BCA dan ATM Mandiri.

2. Jika Anda ingin belanja secara offline, silakan hubungi kami di (021) 6013123 – 62307874 - 6123264 atau email karya_citra_computers@hotmail.com untuk informasi nomor rekening.

3. Untuk pelanggan dari luar kota, sementara ini kami hanya melayani pembayaran dengan transfer bank.

4. Barang akan kami kirim setelah transfer kami terima. Bila Anda menginginkan barang segera dikirim tanpa menunggu proses tranfer bank, silakan fax bukti transfer Anda ke  kami di (021) 6125915 atau YM sales yang melayani, untuk dapat dibantu mempercepat proses pengiriman barang. 

Jaminan Garansi
  • Syarat Umum Garansi
1. Untuk produk-produk yang termasuk dalam batasan garansi, maka pembeli akan menikmati jaminan garansi spare-part dan jasa service.

2. Untuk peralatan perangkat keras Hardware ,kami menjamin semua peralatan komputer yang dibeli sesuai dengan spesifikasi akan bekerja secara baik dan bebas dari kerusakan. Kami tidak bertanggung jawab atas kekurangan-kekurangan akibat design dari manufaktur.

3. Untuk pembelian komputer yang tidak dilengkapi dengan software original, maka kami tidak bertanggung jawab terhadap legalitas penggunaan software. Tanggung jawab sepenuhnya berada dipihak pembeli. Kami menyarankan kepada semua pelanggan untuk selalu memakai software original untuk kemudahan dan support yang didapat sekaligus untuk menghindari tuntutan hukum dari pemilik hak cipta dari masing-masing pihak. 

Batasan Garansi
1. Garansi tidak berlaku untuk produk-produk yang habis terpakai misalnya tinta, belt, disk, CRT, baterai, cleaning service dan lain sebagainya.

2. Garansi tidak berlaku apabila pembeli dengan sengaja / tidak sengaja merusak segel garansi yang tertempel pada setiap produk yang dibeli.

Garansi juga tidak berlaku untuk kejadian-kejadian berikut ini:
· Kerusakan akibat bencana alam (gempa, kebakaran, banjir, petir, dll) huru hara, gigitan atau tindakan-tindakan binatang, tegangan listrik yang tidak stabil, kesalahan atau kelalaian pemakai (jatuh, terkena air/cairan kimia dll) 
· Pengurangan atau penambahan peralatan aksesoris lain tanpa sepengetahuan kami 
· Telah diperbaiki personal yang bukan staff kami 
· Merubah atau memodifikasi peralatan yang ditanggung 
· Transportasi atau instalasi ulang yang salah 
· Kerusakan akibat dihubungkan dengan peralatan lain baik secara mekanis maupun secara elektronis 
· Terkena serangan virus 
· Kesalahan instalasi software 
· Disk drive dan sejenisnya yang terganggu karena kotor 
· Pemakaian disket/CD/MO/Tape/Cartridge tidak layak pakai (kotor/rusak/tergores/berjamur dll) 
· LCD dengan dead pixel <5 pixel 

Pembelian Luar Kota
1. Untuk Anda yang membeli dari luar kota, jangan kuatir kami juga memberikan jaminan pada semua produk yang Anda beli. Bila terjadi kerusakan, silakan hubungi kami di (021) 6013123 – 62307874 - 6123264 atau email kami di karya_citra_computers@hotmail.com untuk bantuan teknis.

2. Atas saran dari technical support kami atau bila setelah bantuan teknis kondisi barang tetap tidak berfungsi, maka silakan kirim kembali barang yang Anda beli ke toko kami. Nantinya biaya pengiriman kembali barang yang sudah kami perbaikan akan menjadi tanggungan kami untuk menjamin garansi dan kualitas produk yang kami jual adalah baik.








Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer