Untuk tugas DPG (Desain Pemodelan Grafik) kali ini, kita akan membahas sebuah kasus yang didalamnya terdapat faktor-faktor dari Visual Design Communication, yaitu : Psikologis, Estetika, Kebiasaan, dan Lingkungan.
Sebelum kita membahas contoh kasus yang memperhatikan Visual Design Communication (Desain Komunikasi Visual), kita akan sedikit mengupas tentang apa itu VDC ???
Okee.. Secara definitip, Desain Komunikasi Visual adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan untuk mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui pelbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan cara mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf serta komposisi warna serta layout (tata letak atau perwajahan).
Jadi, menurut kesimpulan saya bahwa sebuah logo atau gambar dari suatu produk atau perusahaan adalah suatu penggambaran citra dari produk atau perusahaan tersebut, dan faktor dari Visual Design Communication sangat penting untuk perkembangan dari sebuah produk atau perusahaan itu.
Dan untuk contoh kasus ini, saya akan membahas tentang perubahan dari logo Adidas.
Salah satu yang menarik dari produk Adidas adalah logonya, Logo adidas mempunyai 2 versi, yaitu logo lama dan logo baru. Keduanya sama-sama mempunyai sejarah dan arti yang tersendiri. Dan kita akan mengupasnya satu per satu.
- Logo Adidas Lama
Logo adidas keluaran lama terdiri dari gambar visual 3 daun terangkai yang yang mengusung trefoil logo yang ditambahkan dengan 3 garis melintang di bawahnya. Logo ini sering disebut dengan The Three Strip.
Penggunaan konsep tiga daun ini mempunyai arti semangat olimpiade yang menghubungkan pada 3 benua, Dan sejak saat itulah kemudian Adidas menyumbangkan salah satu produknya, yaitu sepatu untuk didaulat menjadi sepatu resmi yang dipakai di Kejuaraan olimpiade di seluruh dunia. Kadang kita masih bisa menemukan produk adidas dengan logo yang lama ini di pasaran, tentunya bukan produk yang baru.
(logo adidas lama)
- Logo Adidas Baru
Logo Adidas yang baru adalah logo adidas yang sering kalian saksikan di sepatu para pemain sepakbola jagoan kalian sekarang ini. Itulah logo adidas yang terbaru, yaitu gambar visual tiga balok miring yang kemudian membentuk suatu tanjakan.
Pada tahun 1996, Adidas melakukan modernisasi yaitu dengan menerapkan konsep 'We knew then - we know now' yang kurang lebih menggambarkan kesuksesan masa lalu dan kejayaan masa kini.
Gambar tanjakan diartikan sebagai rintangan yang akan selalu ada dan akan selalu semakin tinggi, sehingga kita harus pantang menyerah untuk dapat menaklukanya. Sejak itu logo Adidas tidak pernah diubah lagi perubahan dan masih berjaya hingga sekarang.
(logo adidas baru)
Sumber :
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer